Codeigniter adalah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat Pagi....

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas soal codeigniter itu apa? Sebenarnya sangat terlambat membahas soal ini, karena sudah banyak dibahas, baik di group facebook ataupun di blog-blog yang lain.

Codeigniter adalah sebuah framework PHP yang di buat Rick Ellis, dengan websitenya http://www.ellislab.com. Rick Ellis adalah seorang musisi rock yang beralih profesi menjadi programmer dalam riset kecil-kecilannya dan menghasilkan suatu framework PHP yang berukuran kecil, ringan serta memenuhi fitur umum aplikasi PHP. Namun, sejak tahun 2014 CodeIgniter telah dimiliki oleh British Columbia Institute of Technology (BCIT). Segala hal mengenai CodeIgniter dapat ditemui di websiter resminya beralamatkan http://www.codeigniter.com. Untuk saat ini (Senin 8 Juli 2019) telah merilis versi 3.1.10.

CodeIgniter memiliki sejumlah kelebihan yang membuat para web developer mempertimbangkan untuk memilih framework PHP ini dibandingkan dengan framework PHP lain. Namun, sebelum membahas mengenai keunggulan dari CodeIgniter, ada baiknya Anda mengetahui penjelasan tentang definisi framework dan konsep MVC terlebih dahulu.

Framework adalah sekumpulan instruksi yang digabungkan dalam suatu wadah untuk mempermudah web developer dalam melakukan pemrograman. Dengan framework, web developer dapat melakukan pemrograman secara efektif dan efisien dari segi waktu dan pekerjaan. Arti framework dalam bahasa Indonesia adalah kerangka kerja atau bingkai kerja.

MVC adalah

teknik atau konsep yang memisahkan komponen utama menjadi tiga kompenen yaitu model, view, dan controller.
Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database. Seperti misalnya mengambil data dari database, menginput data pengolahan database lainnya. Semua intruksi yang berhubungan dengan pengolahan database diletakkan di dalam model.
View merupakan bagian yang menangani halaman user interface atau halaman yang muncul pada user. Tampilan dari user interface dikumpulkan pada view untuk memisahkannya dengan controller dan model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan tampilan halaman website.
Controller merupakan kumpulan intruksi aksi yang menghubungkan model dan view, jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung, intinya dari view kemudian controller yang mengolah intruksi.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa controller sebagai penghubung antara view dan model. Pada aplikasi yang menerapkan konsep MVC, contoller memanggil data lewat model, dan controller pula yang meneruskan data ke view.

Keunggulan Codeigniter

Performa yang Cepat Framework codeigniter diklaim memiliki performa yang cukup cepat dibandingkan framework-framework seperti Cake, Symfony, Yii, dan Laravel. Oleh sebab itu dari keunggulan ini, para web developer memilih untuk menggunakan CodeIgniter dibandingkan dengan framework PHP lain, namun saya sendiri belum pernah mencoba framework yang disebutkan diatas.

Konfigurasi yang Sederhana Pada CodeIgniter, para web developer dapat melakukan konfigurasi file dengan lebih sederhana. Konfigurasi pada CodeIgniter yang sederhana merupakan keunggulan lain yang dimiliki oleh framework PHP ini. Anda hanya perlu melakukan perubahan simpel pada config jika ingin melakukan konfigurasi.

Banyak Komunitas Dari sekian banyaknya komunitas CodeIgniter, para web developer dapat bertukar pikiran, berbagi informasi, serta mendapatkan wawasan baru terkait dengan framework PHP yang satu ini.

Dokumentasi yang Lengkap Terdapat dokumentasi yang cukup lengkap jika Anda ingin melakukan instalasi pada CodeIgniter.  Dokumentasi tersebut berupa user manual yang lengkap dan dapat dengan mudah Anda pahami.